VARIABEL DATA LALU LINTAS ANTARA PERANGKAT DETEKTOR KENDARAAN DARI ATCS DENGAN DATA DARI METODE MANUAL PENCACAHAN LALU LINTAS TERKLASIFIKASI DAN SPOT SPEED (EMPIRIS)

Authors

  • FX. Bowo Priyambodo Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Eko Sudriyanto Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Budiharso Hidayat Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Rianto Rili Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Boby Hermawan Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Keywords:

ATCS, Kalibrasi, Lalu lintas

Abstract

Data pencacahan volume lalu lintas merupakan informasi dasar yang diperlukan untuk fase
perencanaan, desain, manajemen sampai pengoperasian jalan. Survai volume lalu lintas bertujuan untuk mencatat setiap kendaraan yang lewat (melewati suatu titik atau garis tertentu) sehingga didapatkan informasi mengenai pola arus lalu lintas, volume lalu lintas tiap pergerakan, komposisi kendaraan dalam lalu lintas, faktor untuk memprediksi volume lalu lintas yang akan dating, tingkat okupansi kendaraan dalam lalu lintas dan volume pejalan kaki Adapun perkembangan teknologi dalam bidang transportasi saat ini semakin pesat, dengan perangkat ini, surveyor tidak perlu melakukan kegiatan pengambilan data di lapangan. Dalam peneltian Ofyar Z. Tamin & Rusmadi Suyuti, 2007, tentang meningkatkan akurasi Matriks Asal Tujuan menggunakan data lalu lintas. Ofyar mengkaji dari sisi setelah data volume didapatkan dari ATCS kemudian dilakukan kalibrasi dalam metode estimasi untuk mendapatkan sebaran pergerakan, akan tetapi jika data dari ATCS tersebut belum akurat atau mendekati kondisi lapangan, baik komposisi maupun jumlah kendaraan maka prediksi tersebut menjadi bias dan model yang dihasilkan belum menyerupai kondisi di lapangan.

Downloads

Published

2016-12-09

How to Cite

Priyambodo, F. B. ., Sudriyanto, E. ., Hidayat, B. ., Rili, R. ., & Hermawan, B. . (2016). VARIABEL DATA LALU LINTAS ANTARA PERANGKAT DETEKTOR KENDARAAN DARI ATCS DENGAN DATA DARI METODE MANUAL PENCACAHAN LALU LINTAS TERKLASIFIKASI DAN SPOT SPEED (EMPIRIS). Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 7(2), 193 - 204. Retrieved from http://jurnal.ptdisttd.net/index.php/jpsttd/article/view/36

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>