KAITAN KARAKTERISTIK KELUARGA DAN PERJALANAN TERHADAP PEMILIHAN MODA PEKERJA (STUDY KASUS : PT. MATTEL INDONESIA, CIKARANG)

Authors

  • Widorisnomo Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Dessy Angga A Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Yuanda Patria Tama Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Sabrina Handayani Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Keywords:

Family Characteristics, regresi logistic model, mode choice

Abstract

Kabupaten Bekasi merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Barat yang memiliki 7 kawasan industri. Hal inilah yang membuat Kabupaten Bekasi maju pesat di sektor industrinya. Dengan adanya kawasan industri ini maka jumlah karyawan / pekerja semakin meningkat seiring dengan banyaknya perusahaan yang beroperasi di masing – masing kawasan industri. Selain itu transportasi di Kabupaten Bekasi telah mengalami dinamika perkembangan lalu lintas dengan cukup baik. Namun pelayanan yang diberikan angkutan umum masih belum maksimal, khususnya untuk angkutan pekerja. Berdasarkan hasil survei terhadap 364 orang pekerja di PT Mattel diketahui bahwa pekerja yang menggunakan kendaraan pribadi sebanyak 248 orang atau 68% dan angkutan karyawan sebanyak 116 orang atau 32%. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa mayoritas pekerja di PT Mattel Cikarang cenderung menggunakan kendaraan pribadi daripada angkutan karyawan. berdasarkan hasil analisis regresi logistik diketahui bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap pemilihan moda komuter adalah adalah pendidikan, pendapatan, jam kerja, kepemilikan kendaraan, SIM, Jarak, waktu biaya. Berdasarkan hasil kajian, dapat diketahui peluang penggunaan kendaraan pribadi pada pekerja PT Mattel Cikarang Bekasi sebesar 68%, sedangkan pekerja yang akan menggunakan transportasi angkutan karyawan sebesar 32%.

Downloads

Published

2019-07-12

How to Cite

Widorisnomo, Dessy Angga A, Yuanda Patria Tama, & Sabrina Handayani. (2019). KAITAN KARAKTERISTIK KELUARGA DAN PERJALANAN TERHADAP PEMILIHAN MODA PEKERJA (STUDY KASUS : PT. MATTEL INDONESIA, CIKARANG). Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 10(2), 80-93. Retrieved from http://jurnal.ptdisttd.net/index.php/jpsttd/article/view/85

Most read articles by the same author(s)