DAMPAK PERTUMBUHAN EKONOMI, MANFAAT SOSIAL DAN BIAYA SOSIAL TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KABUPATEN PEKALONGAN PROPINSI JAWA TENGAH (KHUSUSNYA DI DATARAN TINGGI BAGIAN SELATAN)

Authors

  • M.Guntur Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Juliaman P Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Wawan Darwan Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Bambang Istianto Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Keywords:

: Insfrastruktur jalan, pertumbuhan ekonomi , manfaat social ,dan biaya social.

Abstract

Tujuan melakukan penulisan ini adalah untuk mengkaji dan menganalisa sejauh manakah dampak pertrumbuhan ekonomi, manfaat social dan manfaat social terhadap pembangunan insfrastruktur jalan yang diterima dan dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Pekalongan Propinsi Jawa Tengah terutama pada daerah dataran tinggi di 5 Kecamatan ( Doro, Talun, Petungkriyono, Paninggaran, Lebakbarang). Dengan menggunakn tehnik purpose sampling, maka sample yang menjadi sasaran dan focus kajian adalah homogenitas masyarakat serta mata pencaharian penduduk. Perolehan data dilakukan dengan melalui pengumpulan data primer dan data skunder serta Forum Group Diskusi (FGD) dengan metode analisis deskriptif dan analisis SPSS. Hasil analisis berkesimpulan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel Pertumbuhan ekonomi (X1) manfaat social (X2) serta terhadap biaya social (X3).
Disisi lain terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pertumbuhan ekonomi (X1) manfaat social (X2) dan biaya social (x3). 

Downloads

Published

2019-03-12

How to Cite

M.Guntur, Juliaman P, Wawan Darwan, & Bambang Istianto. (2019). DAMPAK PERTUMBUHAN EKONOMI, MANFAAT SOSIAL DAN BIAYA SOSIAL TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KABUPATEN PEKALONGAN PROPINSI JAWA TENGAH (KHUSUSNYA DI DATARAN TINGGI BAGIAN SELATAN). Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 10(2), 18-33. Retrieved from http://jurnal.ptdisttd.net/index.php/jpsttd/article/view/81