ANALISIS KOMPARASI TARIF SEWA ANGKUTAN WISATA AIR DALAM KOTA PALEMBANG ( STUDI KASUS DERMAGA BKB KE TUJUAN WISATA MUSI )

Authors

  • Chairul I. Ilham Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Anwar Tuip Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Kusnendy Kusnendy Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Purboyo Purboyo Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Keywords:

Tarif,kapal,penumpang,operator,getek, speed boat.

Abstract

Issue  yang  berkembang  dalam pemberlakuan tariff  angkutan wisata  di sungai  musi belum menggali aspek social ekonomi  maupun  financial  harga(tariff)  angkutan yang di gunakan atau diberlakukan  pada saat ini.  Pada penelitian ini dilakukan analisis  dengan melakukan survai dan kajian perhitungan  tariff  yang ber indicator  pada  harga  dalam rupiah  perkilometer( KM 73 Tahun 2004),  namun dilain pihak dilakukan juga  kajian  bagaimana  share  tariff yang diinginkan penumpang/wisatawan  serta operator  kapalnya sendiri.

Dan sesungguhnya  antara  share  harga yang ditawarkan operator  bila  dibandingkan  dengan kemampuan membayar dan keinginan membayar penumpang (Willingness to pay  and  ablity to pay) bahwa  nilai deviasi  harga keduanya hamper tidak  jauh berbeda atau sekitar 2,5-3,0 persen.

Tetapi bila dibandingkan  dengan hasil perhitungan yang berdasarkan tariff jarak(KM 73/2004), bahwa getek harganya Rp 192.600/kapal/trip dan speedboat Rp 179.760/kapal/trip.  Harga ini lebih  rendah sekitar  50  persen dari harga yang ditawarkan operator maupun keinginan dan kemampuan membayar penumpang wisata. Mengingat tingkat  kesenjangan  perhitungan  yang  cukup tinggi, maka perlu  dikaji lagi ketentuan khusus  untuk tariff kapal wisata.

 

Downloads

Published

2017-12-10

How to Cite

Ilham , C. I. ., Tuip, A. ., Kusnendy, K., & Purboyo, P. (2017). ANALISIS KOMPARASI TARIF SEWA ANGKUTAN WISATA AIR DALAM KOTA PALEMBANG ( STUDI KASUS DERMAGA BKB KE TUJUAN WISATA MUSI ). Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 8(1), 77 - 89. Retrieved from http://jurnal.ptdisttd.net/index.php/jpsttd/article/view/47

Issue

Section

Articles