PENGARUH KELAIKAN DAN KELENGKAPAN TERHADAP KESELAMATAN PENGEMUDI DI SEPEDA MOTOR

Authors

  • Purwatiningsih Purwatiningsih Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Abadi Sastrodiyoto Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Subarto Subarto Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Juliaman Pangaribuan Sekolah Tinggi Transportasi Darat
  • Aditya Trinanda Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Keywords:

Laik Jalan, Sepeda Motor

Abstract

Perkembangan angkutan di Indonesia dewasa ini dari segi jumlah kendaraan yang diproduksi dan beroperasi di jalan meningkat sangat tajam.Hal tersebut sejalan dengan pelaksanaan pembangunan perekonomian yang dilaksanakan. Meningkatnya jumlah kendaraan yang beroperasi di jalan, berakibat terjadinya kemacetan yang luar biasa terutama di kota-kota besar dan penggunaan angkutan umum belum optimal dan belum dapat memenuhi kebutuhan warga masyarakat, di samping itu secara umum dirasakan masih terlalu tinggi besaran tarifnya apabila dibandingkan dengan pendapatannya.Sebagai akibat dari kondisi tersebut, maka masyarakat mencari alat transportasi yang dianggap mudah, hemat, dan berbiaya rendah, yaitu sepeda motor.

Tingginya penggunaan sepeda motor membuat pentingnya meningkatkan budaya keselamatan berlalu lintas. Keselamatan sangat terkait dengan faktor persyaratan dan kelengkapan teknis sepeda motor (laik jalan) serta faktor persyaratan administrasi dan kelengkapan pengemudi sepeda motor. Pengaruh faktor persyaratan dan kelengkapan teknis sepeda motor serta faktor persyaratan administrasi dan kelengkapan pengemudi sepeda motor dengan keselamatan sangat besar, namun masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi (faktor prasarana,  manusia dan lingkungan).

Downloads

Published

2016-11-09

How to Cite

Purwatiningsih, P., Sastrodiyoto, A. ., Subarto, S., Pangaribuan, J. ., & Trinanda, A. . (2016). PENGARUH KELAIKAN DAN KELENGKAPAN TERHADAP KESELAMATAN PENGEMUDI DI SEPEDA MOTOR. Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 7(1), 99 - 113. Retrieved from http://jurnal.ptdisttd.net/index.php/jpsttd/article/view/29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>